Sekilas tentang Kelinci


 Kelinci adalah mamalia kecil yang lembut , berekor pendek , berkumis dan telinga panjang yang khas . Ada sekitar 30 spesies kelinci di seluruh dunia , walaupun mereka hidup dalam lingkungan yang berbeda , mereka memiliki banyak kesamaan .
UKURAN
Sementara banyak orang berpikir kelinci seukuran dari kucing , beberapa spesies kelinci bisa tumbuh menjadi sebesar anak kecil . Spesies kelinci kecil bisa sekecil 8 inci ( 20 cm ) panjangnya dan berat kurang dari satu pon . Kelinci besar tumbuh sampai 20 inci ( 50 cm ) dan lebih dari 4 pound ( 1,8 kilogram ) . Kelinci terbesar di dunia sebesar 4 kaki 3 inci ( 129,54 cm ) dan 49 pon ( 22 kg ) . Ras kelinci terbesar adalah checkered giant , raksasa Flemish , french lop dan giant chinchilla .

Rabbits are small mammals with fluffy, short tails, whiskers and distinctive long ears. There are about 30 species of rabbits around the world.

CARA BERKEMBANG BIAK

Mamalia ini dikenal untuk kebiasaan reproduksi tak terpuaskan . Mereka berkembang biak tiga sampai empat kali setiap tahun . Hal ini karena hanya 15 persen dari bayi kelinci yang hidup sampai setahun . Jadi , untuk memastikan populasinya , kelinci memiliki lebih banyak bayi . Setiap kehamilan menghasilkan 3-8 bayi , disebut kit .Setelah 4-5 minggu , kit dapat merawat dirinya sendiri . Dalam dua atau tiga bulan itu siap untuk memulai sebuah keluarga sendiri . Jika ada sedikit predator alami ,sebuah daerah dapat dengan cepat dibanjiri dengan kelinci .

MAKAN

Kelinci adalah omnivora . Ini berarti bahwa mereka memiliki pola makan nabati dan tidak makan daging . Selama bulan-bulan hangat , kelinci akan menggigit pada tumbuhan , kacang polong , rumput , semanggi , selada dan sayuran . Dalam bulan-bulan musim dingin mereka makan ranting , kulit kayu dan tunas .

HABITAT

Meskipun awalnya dari Eropa dan Afrika , kelinci sekarang mempunyai banyak rumah . Kelinci domestik membutuhkan lingkungan yang diatur untuk melindungi terhadap kelelahan panas atau hipotermia . Kelinci liar tidak memiliki masalah ini dan membuat rumah mereka di berbagai suhu ekstrem . Kelinci liar dapat ditemukan di hutan , hutan , padang rumput , padang rumput , gurun , tundra dan lahan basah . Kelinci liar membuat rumah mereka sendiri dengan tunneling ke dalam tanah . Sistem terowongan ini disebut Warrens dan mencakup ruang untuk bersarang dan tidur . Mereka juga memiliki beberapa pintu masuk untuk cepat melarikan diri . Warrens bisa sedalam 9,84 kaki ( 3 meter ) di bawah tanah. Kelinci domestik sering hidup di kandang , meskipun banyak pemilik kelinci membiarkan hewan peliharaan mereka menjalankan bebas di seluruh rumah mereka untuk latihan dan hanya menempatkan kelinci di kandang untuk tidur .

KEBIASAAN

Kelinci adalah makhluk yang sangat sosial dan hidup dalam kelompok besar yang disebut koloni . Tersibuk waktu hari untuk kelinci di senja dan fajar . Ini adalah ketika mereka menjelajah untuk menemukan makanan . Cahaya rendah memungkinkan mereka untuk bersembunyi dari predator .

Classification/taxonomy

  • Kingdom: Animalia
  • Phylum: Chordata
  • Subphylum: Vertebrata
  • Class: Mammalia
  • Order: Lagomorpha
  • Family: Leporidae
  • Genera: Brachylagus, Pentalagus, Bunolagus, Nesolagus, Romerolagus, Oryctolagus, Sylvilagus, Poelagus
  • Species: There are more than 50 species of rabbits. The domestic rabbit is Oryctolagus cuniculus.

STATUS KONSERVASI

Sementara banyak spesies kelinci over populasi , jenis cuniculus Oryctolagus atau kelinci Eropa dianggap  hampir terancam punah oleh IUCN . Populasi saat ini menurun, dan di tempat seperti Semenanjung Iberia , populasi kelinci Eropa telah menurun mencapai 5 persen dari total 1950. di Yellowstone juga menjadi punah .

FAKTA LAIN

Kelinci bisa sangat licik dan cepat . Untuk menjauh dari predator , kelinci Cottontail akan berjalan dalam pola zigzag dan mencapai kecepatan hingga 18 mil per jam , menurut National Geographic . Telinga mereka dapat tumbuh hingga 4 inchi ( 10 cm ) . Telinga panjang ini memungkinkan mereka untuk lebih mendengar predator yang mungkin mendekati . Hal ini juga memungkinkan mereka untuk tetap dingin di iklim panas . Panas tubuh ekstra dilepaskan melalui pembuluh darah di telinga . Mata mereka dibuat untuk keselamatan , juga, karena setiap mata dapat berputar 360 derajat . Hal ini memungkinkan mereka untuk melihat ke belakang mereka tanpa memutar kepala mereka . Kelinci tidak mendapatkan banyak makanan dari diet mereka . Mereka sering makan kotoran mereka sendiri untuk mengakses setiap makanan yang tersisa bahwa sistem pencernaan mereka.

 Kelinci dan hare adalah dua spesies yang berbeda . Perbedaan terbesar antara keduanya adalah hare yang baru lahir dilahirkan dengan bulu dan mampu bergerak serta melihat segera setelah lahir . Kelinci memiliki penglihatan dekat 360 derajat dan bahkan bisa melihat di belakang mereka . Mereka hanya memiliki satu blind spot tepat di depan hidung mereka . Kelinci yang populer dalam mitologi dan budaya . Banyak orang percaya membawa kaki kelinci akan membawa keberuntungan .

Source: Rabbits: Habits, Diet & Other Facts

la vie en rose bazar
jalanjalanid pop market
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s