Dilema Pakan Kelinci


Kelinci terkenal dengan predikat hewan dengan pencernaan yang sensitif. Ketika ingin membeli kelinci pertama kali yang ditanyakan tidak jauh dari pakan yang sebaiknya diberikan kepada kelinci.
Info yang diberikan para pedagangpun beraneka ragam sehingga sering menimbulkan kebingungan dan perdebatan.
Kobika berusaha mempermudah para pemula dalam memilih pakan kelinci.
Kelinci pada dasarnya membutuhkan serat untuk pencernaannya. Maka pakan yang ideal adalah rumput atau hay (rumput yang dikeringkan). Namun rumput pastinya cukup sulit ditemukan di kota besar seperti Jakarta. Hal ini juga dialami Kobika.
Yang paling mudah adalah dengan membeli pelet-pelet bermerk yang dijual di toko-toko. Sebagian adalah import namun ada juga pelet lokal yang dikemas secara menarik layaknya produk import.
Pemilihan pelet tentunya akan sangat mudah karena komposisi tercantum di kemasan pelet dan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam komposisi tersebut.
Selain lebih higienis,biasanya pelet impor terlihat lebih menarik daripada yang lokal. Namun bukan berarti produk lokal lebih buruk.
Mungkin para hobiis ragu dengan kualitas pelet-pelet lokal. Menurut Kobika tidak perlu ada kekhawatiran berlebih karena pelet-pelet tersebut berkualitas cukup baik dan komposisinyapun disesuaikan dengan kebutuhan kelinci disini.
Yang sebaiknya dipertimbangkan adalah media penyimpanan pelet lokal yang beberapa merek cepat berjamur jika penempatannya kurang baik.
Jangan alergi dulu dengan pelet lokal. Ini menunjukkan minim atau tidak digunakannya pengawet dalam pelet lokal. Tentunya ini adalah kabar baik buat kelinci-kelinci kita.
Kabar baik untuk sang pemilik adalah harganya yang sangat murah.
Namun hati-hati dengan penyajiannya. Penumpukan sisa-sisa pakan dapat menimbulkan jamur dan dapat mematikan bagi kelinci. Ini berlaku bagi semua pelet.
Selain pelet, kelinci dapat diberikan pakan tambahan berupa buah apel,wortel,tomat.Sehingga dapat membantu penyerapan gizi ke tubuh kelinci.

Advertisements

One thought on “Dilema Pakan Kelinci

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s