Scabies Dari Dekat


Scabies termasuk penyakit yang “langganan” di penghobi kelinci. Seringkali kita bingung, dari mana datangnya kutu yang berukuran mikroskopik ini, karena kandang sudah bersih, sekitar juga terlihat bersih secara kasat mata. Ternyata bibit scabies juga bisa terbawa angin dan hinggap di tubuh kelinci atau terbawa binatang seperti tikus yang mampir di kandang kelinci.
Pengobatan scabies tergolong mudah jika kita sudah mengetahui obatnya. Obat yang biasa dipakai adalah wormectin dan ivermectin, namun ada beebrapa obat lain di petshop dan toko ternak yang juga bisa dipakai.
Waktu penyembuhannya tergantung tingkat penyebaran kutu di tubuh kelinci. Jika cukup parah, bisa memakan waktu sampai 3 minggu. Jika kelinci ada yang tertular. Pisahkan dulu dari kelinci lain karena penyakit ini sangat menular. Bersihkan daerah sekitar kandang dengan desinfektan untuk berjaga-jaga agar tidak menulari kelinci lain. Suntikkan kelinci yang sakit dengan obat scabies. Cuci tangan dengan sabun antiseptik setelah penanganan. Jika ingin memberi makan kelinci-kelinci. Beri makan kelinci yang sakit pada urutan terakhir atau setelah kelinci-kelinci lain tertangani. Hal ini untuk meminimalisir penularan.
Scabies juga bisa menjangkiti pemelihara kelinci. Untuk manusia, tersedia obat scabies salep di apotik-apotik dan mandi dengan sabun yang mengandung belerang.Insya Allah gatal-gatal dan kutu pun akan hilang.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s