Pengalaman Import Kelinci Hobiis Kita


Kubika bertanya kepada Shinta, pengalamannya mengimport kelinci ke Indonesia. Kubika awalnya berpikir sangat sulit mengimport binatang ke Indonesia, nah. dijelaskan oleh Shinta

Shinta: Import gak susah kog. Pertama saya contact arba utk bisa bantu import kelinci. Nah saya diminta untuk register membership personal dulu

KUBIKA: sulit ga mba?apa musti ketemu langsung dengan jay?

Shinta: Terus untuk yang foreign or non us ada di bawah district 9 arba.yaitu jay ketuanya

Jay bales email saya nanya kamu mau ras apa aja ? Terus dari jay saya dapat alamat breeder dan mereka contact saya

KUBIKA: jasa pengiriman kita yang memilih apa mereka?

Shinta: Gini.jay akan kasih kita contact person breeder yang biasa shipping domistic or international Shipping agent dari yang mereka biasa pake.yang biasa breeder pake. Jadi secara umum pun  siapapun bisa melakukan import asal breedernya bisa melakukan shipping

Sertifikat ARBA
Sertifikat ARBA

KUBIKA: apakah setelah sampai tanah air perizinannya berbelit?

Shinta: Jadi.setelah deal dengan harga everything.mereka biasanya dengan metode payment by paypal.  Nah.menurut peternakan kita kalo cuma 10-12 ekor  tidak perlu dokumen import.  Tapi requirment agent shipping hrs ada ijin import dari peternakan kita

Jadi sederhana,karena kita cuma minta dari breeder adalah pedigree masing-masing kelinci dan health certificate nya aja. Karena 2 dokumen sebagai data kita untuk minta surat rekomendasi dari dinas peternakan setempat dan surat dari dinas peternakan setempat dibawa ke dinas peternakan pusat di ragunan. Untuk urus surat-surat ini maksimal 7 hari tapi bisa cuma 2-3 hari . Setelah surat ini keluar,kirim deh by email ke breeder sebagai kelengkapan dokumen shipping

Nah karena pengiriman juga di backup oleh asuransi mereka paling cuma bisa turunin beberapa %,karena ini menyangkut claim kalo ada yg mati diperjalanan.asuransi akan ganti sesuai harga invoice

Nah paling request dr saya ke breeder yang kirim supaya saya dikirim juga pellet dan hay biasa mereka kasih.untuk adaptasi pakan yang biasa saya pakai. Harapannya pelan-pelan bisa menyesuaikan. Dan pellet dan hay saya dikasih free sama mereka. Terus breeder akan info by email.kelinci berangkat pake pesawat apa dan no flight berapa dan transit dimana dan nyampe jkt jam berapanya

Kita tunggu deh di airport. bayar bea cukai dan tanda tangan di karantina kalo akan dikarantina sendiri dan bayar deh.langsung hari itu juga kelinci bawa pulang tanpa karantina.welcome home

KUBIKA: Terima kasih mba, atas infonya semoga bermanfaat.

Advertisements

One thought on “Pengalaman Import Kelinci Hobiis Kita

  1. Saya tinggal di Belgia dan rencana akan balik tinggal di Indonesia. Saya punya hewan piaraan kelinci yg saya mau bawa ke Indonesia. Ini kelinci jinak kesayangan, jadi tidak mungkin akan saya tinggal.

    Ada yg bisa jelaskan ke saya bagaimana caranya mengurus ijin impor untuk bisa masuk ke Indonesia. Bisa jelaskan juga bagaimana dengan urusan bea cukai, biaya yg harus saya bayar, dan masalah karantina di rumah. Siapa yg bisa saya hubungin untuk urusan diatas, yg bisa membantu saya.

    Apakah ada yg tau dengan airlines apa saya bisa memebawa Kelinci di cabin, tidak di cargo.

    Terima kasih banyak sebelumnya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s